Kembalinya Sang Panglima OPM ke Pangkuan Pertiwi NKRI

Andi_2Setelah sekian lama malang melintang dan menebar berbagai aksi teror di wilayah Papua, Goliath Tabuni (selama ini disebut-sebut sebagai Panglima Tertinggi Tentara Pembebasan Nasional / Operasi Papua Merdeka) pada akhirnya menemukan kembali kesadarannya dan memilih untuk kembali kepada pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Informasi tersebut pastinya akan menjadi kabar yang sangat menggembirakan bagi seluruh masyarakat di Tanah Papua. Tidak ada lagi rasa khawatir dan rasa takut yang menghantui masyarakat Papua untuk melakukan berbagai aktivitas, karena dapat dipastikan tidak akan ada lagi aksi teror dari OPM apabila Goliath Tabuni kembali kepada pangkuan NKRI.

Beberapa hari lalu, berbagai media lokal dan media nasional merilis bahwa Goliath Tabuni kini telah ‘meletakkan senjata’ dan beralih profesi menjadi pengusaha kayu olahan. Hal itu disampaikan langsung oleh Henok Ibo (Bupati Puncak Jaya) dalam acara perayaan HUT ke-19 Kabupaten Puncak Jaya di Mulia. Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya juga telah menyerahkan bantuan berupa mesin gergaji kayu (chainshaw) dan Bahan Bakar Minyak (BBM) kepada Goliath Tabuni. Keterangan tersebut juga dibenarkan oleh Mayjen TNI Hinsa Siburian (Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih. Pangdam menyatakan bahwa Goliath Tabuni menawarkan kayu olahan tersebut untuk dijual kepada kontraktor pembangunan infrastruktur di Kabupaten Puncak Jaya.

Lebih dari itu, dalam acara perayaan HUT ke-19 Kabupaten Puncak Jaya, Lukas Enembe (Gubernur Papua) yang didampingi Forkompimda Provinsi Papua melakukan dialog dengan sekitar 350 orang anggota kelompok TPN/OPM dari wilayah Distrik Kalome, Distrik Yambi, Distrik Tinggineri, dan Distrik Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya di lapangan alun-alun Kota Mulia. Dalam dialog tersebut, kelompok TPN/OPM wilayah Puncak Jaya meminta kepada Gubernur Papua agar daerahnya mendapatkan sentuhan pembangunan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sehingga dapat sejajar dengan daerah lainnya di Papua.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Papua menanggapi permintaan Kelompok TPN/OPM dengan mengatakan bahwa, baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah akan segera merealisasikan pembangunan yang dimaksud pada wilayah Kabupaten Puncak Jaya asalkan tidak ada lagi aksi teror dan kekerasan yang dilakukan oleh kelompok TPN/OPM di wilayah tersebut. Selain itu, Gubernur Papua juga meminta kepada seluruh anggota kelompok TPN/OPM wilayah Puncak Jaya agar segera mengembalikan senjata api milik TNI/POLRI yang pernah dirampas oleh kelompok tersebut.

Dalam realisasi pembangunan, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya telah membangun sekolah dan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Distrik Tingginambut yang berdekatan dengan markas Goliath Tabuni di Bukit Lima Jari. Hal itu sengaja dibangun di tempat tersebut agar anggota kelompok TPN/OPM pimpinan Goliath Tabuni dapat merasakan langsung pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah. Lebih jauh lagi, Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya pada tahun 2016 mendatang akan merealisasikan proyek pembangunan jalan sepanjang 15 Kilometer yang merupakan akses langsung ke markas Goliath Tabuni. di Bukit Lima Jari. Pembangunan jalan tersebut juga pada dasarnya merupakan permintaan langsung dari Goliath Tabuni sendiri.

Melihat kenyataan bahwa sang Panglima OPM yang telah kembali kepada pangkuan Pertiwi NKRI, seharusnya Papua yang damai akan segera terwujud. Selain itu, masyarakat Papua yang sejahtera bukan lagi hanya sebatas angan-angan belaka. Kini giliran Pemerintah Pusah dan Pemerintah Daerah di Papua bekerja sama bahu membahu bersama masyarakat Papua untuk memajukan Papua melalui berbagai program andalannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s