Trans Papua Papua Dan Papua Barat, Siap Tahun 2018

20110809023642jalanbaru080811-2 newIMG SRC

Banyak prasarana di papua dan papua barat yang belum di perhatikan oleh pemerintah, belakangan lalu. Bahkan jalan untuk menghubungkan antar kota juga belum terbenahi, hal ini membuat dampak pada masyarakat intelektual papua yang mulai meninggalkan kampung halamannya. hal ini yang membuat pemerintah memberikan perhatian lebih untuk papua dan papua barat, negara paling timur yang memiliki sumber daya alam melimpah.

pemerintah menyatakan pembangunan infrastuktur papua dan papua barat menjadi salah satu focus pembangunan selama 5 tahun ke depan. sekretaris jenderal kementrian umum dan perumahan rakyat, taufik widjojono menyatakan kebijakan pemerintah yang juga kebijakan kementrian PUPR, bahwa akan memberikan perhatian lebih terhadap papua dan papua barat.

buktinya juga kehadiran Presiden Jokowi Dodo dalam setahun tiga kali ini, sehingga salah satu anggota PUPR mulai masuk ke daerah papua dan papua barat dengan dana yang cukup besar, namun pada kenyataannya dana tersebut masih kurang, karena kebutuhan yang lebih besar lagi. itu menyebabkan pemerintah akan membangun dan memperbaiki secara bertahap. terutama tugas kali ini akan membangun Trans yang akan selesai tahun 2018.

pemerintah sudah berencana akan membagi trans papua dalam 12 ruas penanganan. yaitu, Merauke – Tanah Merah – Waroplo, Waropko – Oksibil, Dekai – Oksibil, Kenyam – Dekai, Wamena – Habema – Kenyam – Mamugu, Wamena – Elelim – Jayapura, Wamena – Muia – Ilaga – Enarotali, Wageta – Timika, Enarotali – Wegete – Nabire, Nabire – Windesi – Manokwari, Manokwari – Kambuaya – Soeong, dan jembatan Holtekamp.

selain perbaikan trans papua ini, pemerintah PUPR memberikan intruksi khusus kepada Taufik, bahwa akan membangun rumah di Papua dan Papua Barat sesuai dengan standrat budaya dan kearifan lokal. bukan hanya bangunannya saja, namun beserta prasarananya. hal ini menunjukan bahwa pemerintah benar – benar akan memperhatikan papua, dan memperbaiki papua tanpa harus merubah adat yang sudah papua miliki semenjak dulu. (NEZ)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s