Komitmen Jokowi untuk Tanah Papua

Andi_2Presiden RI, Joko Widodo beberapa hari lalu (14 Agustus 2015) untuk pertama kalinya menyampaikan pidato kenegaraan. Pidato kenegaraan tersebut disampaikan dalam rangka dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 pada acara sidang bersama DPR dan DPD di Gedung Parlemen. Salah satu point yang menjadi sorotan dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi adalah perhatian pemerintah kepada tanah Papua.

Jokowi menyatakan bahwa pembangunan di tanah Papua beserta seluruh persoalan yang ada di Papua menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Pemerintah berkomitmen untuk membangun Papua dan menjadikan Papua sebagai Tanah Damai. Berbagai persoalan dan permasalahan yang terjadi seperti kasus Tolikara, seharusnya tidak terjadi lagi di masa depan. Demi kemajuan Papua, pemerintah juga telah memberikan akses seluas-luasnya bagi wartawan asing untuk masuk dan melakukan peliputan di Papua.

Pemerintah juga berkomitmen untuk melindungi masyarakat adat yang menghadapi konflik agraria, menurunkan emisi karbon dengan menghentikan kebakaran hutan, mengelola hutan secara lestari, melindungi nelayan dari berbagai aksi pencurian ikan yang dilakukan oleh nelayan-nelayan dari negara lain, serta melindungi generasi mendatang dari ancaman bahaya narkoba. Selain itu, pemerintah menginginkan adanya rekonsiliasi nasional sehingga generasi mendatang tidak terus memikul beban sejarah masa lalu. Anak-anak bangsa harus bebas menatap masa depan yang terbentang luas.

Selain menyoroti berbagai permasalahan yang terjadi di Papua, Presiden Jokowi juga menyatakan komitmen pemerintah untuk membangun berbagai infrastruktur di Papua. Saat ini, pemerintah terus mempercepat pembangunan infrastruktur, utamanya pembangunan infrastruktur jalur kereta api di Papua. Pembangunan infrastruktur yang dimaksudkan nantinya tidak hanya pembangunan infrastruktur pada bidang transportasi, tetapi juga pembangunan infrastruktur pada bidang energi. Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga berkomitmen untuk membangun lebih banyak lagi waduk dan pelabuhan-pelabuhan untuk mendukung program tol laut dengan tambahan banyak galangan kapal.

Berbagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui program pembangunan pada bidang ekonomi kreatif, harus bisa menjadi akses untuk membuka lapangan kerja yang semakin berkualitas, perbaikan kesejahteraan serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi anak bangsa, khususnya di Papua. Selain itu, pasar rakyat juga akan diperbanyak agar menjadi penyangga pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat dan memberikan insentif fiskal bagi kegiatan ekonomi produktif. Sejalan dengan itu, pemerintah juga mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Industri di luar Pulau Jawa, khususnya untuk industri pertanian di wilayah timur Indonesia.

Sorotan Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraannya terkait Tanah Papua merupakan representasi dari atensi dan komitmen pemerintah untuk membangun Papua. Tentu saja atensi dan komitmen pemerintah tersebut harus berjalan beriringan dengan dukungan masyarakat, khususnya masyarakat Papua. Sudah saatnya masyarakat Papua untuk menata hidup dengan peningkatan kesejahteraan menuju ke jenjang yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s