SOLIDARITAS NKRI UNTUK RAKYAT PAPUA

duk appua

Aksi Masyarakat yang masih menyuarakan kepedulian terhadap rakyat Papua

Image Source

Rakyat Papua memiliki niat untuk mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1 Desember 1961, namun hal tersebut dapat dihalangi oleh organisasi TRIKORA (Tiga Komando Rakyat). Seiring berjalannya waktu dari bulan ke bulan dan tahun ke tahun hingga mencapai 10 tahun lamanya niat tersebut tak kunjung hilang, dan kemudian rakyat Papua kembali mendeklarasikan kemerdekaan beserta atribut kenegaraan pada bulan Juli 1971. Sampai saat ini pun semangat perjuangan yang dimiliki rakyat papua tidak berkurang sedikitpun meski para pejuang telah gugur satu persatu. Kekuatan tersebut dimiliki rakyat Papua karena mereka mendapatkan dukungan dari pihak lain, yaitu pihak luar negeri yang tak lain juga memiliki kepentingan terhadap Papua.

Perjuangan rakyat papua tidak hanya tertumpu pada satu titik melainkan mereka melakukan pergerakan ke berbagai daerah di Indonesia, melalui berbagai organisasi yang dibentuk seperti AMP (Aliansi Mahasiswa Papua) yang mendukung OPM (organisasi Papua Merdeka) untuk memisahkan diri dari Indonesia. AMP merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh mahasiswa Papua yang menempuh pendidikan di luar Papua. Banyak aksi yang dilakukannya seperti melakukan demonstrasi besar-besaran di berbagai daerah, salah satunya yaitu aksi di Yogyakarta tahun 2014. Aksi tersebut dilakukan untuk memperingati kemerdekaan Papua yang ke 43 dengan membentangkan bendera Papua merdeka dan untuk memperjuangkan Hak Menentukan Hidup Sendiri.

 duk papua

Aksi yang dilakukan AMP di Yogyakarta tahun 2014 peringati kemerdekaan Papua

Image Source

Dalam beberapa aksi yang dilakukan, mereka selalu menyerukan bahwa rakyat Papua memiliki banyak perbedaan dengan rakyat Indonesia lain, mulai dari perbedaan suku, ras, agama, Papua juga memiliki kekayaan alam yang melimpah, sehingga mampu untuk hidup mandiri dengan membentuk negara sendiri tanpa ada naungan dari negara lain. Dalam beberapa kasus juga disebutkan bahwa mereka merasa adanya intimidasi dan diskriminasi kepada rakyat Papua, salah satu contohnya dengan membatasi mereka untuk menyampaikan aspirasi dengan melakukan demonstrasi kepada pemerintah.

Namun, pada kenyataannya masih banyak pihak yang memiliki kepedulian dengan rakyat Papua. Contohnya solidaritas NKRI pemuda Malang yang berasal dari Pemuda Pancasila, Front Pembela Islam, serta Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia yang menolak adanya perpecahan. Maksudnya adalah untuk menjelaskan bahwa tidak ada manfaatnya AMP melakukan berbagai aksi yang hanya mengganggu kerukunan dan kebersamaan. Perlu disadari bahwa rakyat Papua memiliki banyak kesempatan untuk menempuh pendidikan di berbagai daerah dengan harmonis. Kita semua adalah satu ibu pertiwi, satu tanah pijakan dan berbagai sejarah yang sama yaitu Indonesia.  Untuk itu, dari pada menghabiskan energi untuk memisahkan diri, lebih baik dengan Bhineka Tunggal Ika kita dapat memperkuat kekuatan. Marilah kita bersatu untuk membentangkan bendera merah putih untuk memperjuangkan dan mempertahankan kesatuan NKRI. Hidup Indonesia! (ZEN/DAS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s