Pembangunan PNG Tidak Lebih Baik dari Papua

6_PNGBagaimana mungkin sebuah negara yang tingkat ekonominya kurang bagus berupaya membantu sebuah wilayah yang tingka ekonomi dan pembangunannya lebih baik. Ungkap salah seorang tokoh masyarakat Biak Papua Frans Ronsoumbre “pasti ada kepentingan tertentu, yang jelas masalah ekonomi, kamu su tau to.. Papua itu kaya, Indonesia itu kuat” tegasnya.

Dari pernyataan tokoh asal biak tersebut, menunjukan bahwa negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi yang cukup kuat jika ditinjau dari berbagai aspek, baik dari aspek geografis, demografis, sumber kekayaan alam hingga aspek sosial budaya. Kondisi tersebut membuat Indonesia memiliki kesempatan yang sangat besar untuk menjadi salah satu negara maju dengan tingkat kesejahteraan masyarakat yang tinggi. Namun dalam kenyataannya, untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang tinggi tersebut, bangsa masih menghadapi berbagai tantangan yang berat.

Berdasarkan data yang diperoleh, masih terdapat lebih dari seratus daerah di Indonesia yang masuk kategori daerah tertinggal dan sekitar 10% diantaranya berada di wilayah Papua. Dalam rangka mengatasi permasalahan daerah tertinggal khususnya di wilayah Papua, Pemerintah telah mengambil langkah dalam bentuk implementasi kebijakan-kebijakan konkret. Berbagai pendekatan pembangunan dan kesejahteraan telah diimplementasikan khususnya di daerah-daerah tertinggal di Papua, salah satunya adalah melalui kebijakan Otonomi Khusus untuk daerah Papua dan Papua Barat dengan dana yang cukup besar. Upaya yang telah dilakukan selama ini adalah dengan menempatkan prioritas pembangunan daerah tertinggal dalam program pembangunan nasional.

Berbagai upaya pemerintah tersebut tidak sia-sia, hasil dari pembangunan di wilayah Papua saat ini telah membuahkan hasil yang memuaskan serta dapat dilihat dan dimanfaatkan secara nyata. Berbagai infrastruktur dan sarana publik di Papua kini telah mengalami kemajuan. Peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan sarana dan prasarana kesehatan, serta peningkatan infrastruktur di Papua saat ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara optimal.

Beberapa waktu lalu, Tedjo Edhy Purdijanto (Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan HAM) memberikan keterangan pers terkait kunjungan kerja Presiden RI beserta jajaran ke negara Papua New Guinea (PNG). Dalam keterangan pers tersebut, Tedjo memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah ikut ambil bagian dalam meraih kesuksesan pembangunan di wilayah Papua. Tedjo juga menyampaikan pernyataan bahwa kemajuan pembangunan di Papua lebih baik jika dibandingkan dengan kemajuan pembangunan yang ada di Ibukota Negara PNG. Jika belum melihat secara langsung, semua orang tentu akan beranggapan bahwa PNG merupakan negara yang maju dikarenakan negara tersebut lebih dekat dengan Australia. Selain itu, Tedjo juga menekankan kepada rakyat Indonesia dan dunia internasional bahwa realita tentang pembangunan di Papua tidak seperti stigma yang muncul di masyarakat luar.

Setelah melihat pembangunan di Papua telah membuahkan hasil, apakah pemerintah akan berhenti untuk memperhatikan pembangunan dan kemajuan Papua ?? Jawabannya adalah TIDAK. Pemerintah akan terus mencanangkan berbagai kebijakan dalam bentuk program pemerintah untuk terus memajukan Papua dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat Papua memiliki daya saing yang tinggi terhadap masyarakat di wilayah lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s