AWAS!!! Jacob Rumbiak Rencanakan Jual Papua kepada MSG

5_JacobBerbagai upaya telah ditempuh untuk mendapatkan atensi dari pihak lain oleh kelompok-kelompok tertentu yang menginginkan Papua segera melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menjadi negara yang merdeka. Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan berbagai cara, antara lain menanamkan kebencian bagi masyarakat Papua terhadap NKRI, melakukan tindakan-tindakan yang cenderung bersifat provokatif, menyebarluaskan isu-isu propaganda terkait Hak Asasi Manusia (HAM) dengan fakta-fakta yang cenderung direkayasa, menggalang dukungan dari negara lain, hingga menebar teror dengan cara melakukan aksi penembakan terhadap warga sipil dan aparat keamanan.

Jika ditinjau dari pola pergerakannya, upaya yang dianggap paling mudah untuk ditempuh oleh kelompok-kelompok tersebut adalah dengan cara menggalang dukungan dari negara lain. Hal tersebut cenderung sangat relevan jika melihat kondisi eksisting yang ada di Papua dan tentu saja akan menjadi magnet bagi pihak asing untuk ikut ‘berpartisipasi’ dalam berbagai permasalahan yang terjadi di Papua. Kondisi eksisting yang dimaksud di sini adalah potensi kekayaan alam yang terkandung di Tanah Papua, khususnya kekayaan sumber daya mineral logam (emas dan tembaga). Melihat fakta tersebut, seringkali potensi kekayaan alam yang ada di Papua dijadikan sebagai ‘senjata’ oleh kelompok-kelompok tertentu di Papua untuk menyita atensi dan menggalang dukungan dari pihak asing.

Beberapa waktu lalu, Jacob Rumbiak (menyebut diri sebagai salah satu anggota kelompok ULMWP) memberikan keterangan pers dalam rangka meminta dukungan dari negara-negara anggota Melanesian Spearhead Group (MSG), agar pengajuan aplikasi keanggotaan Papua pada MSG yang diwakili oleh kelompok The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mendapatkan persetujuan dari seluruh negara anggota MSG.

Mengutip pemberitaan dari media Solomon Star News, Jacob Rumbiak menyatakan bahwa, Negara Solomon Islands beserta negara-negara anggota MSG lainnya akan mendapatkan manfaat dan keuntungan secara ekonomis jika mendukung dan menyetujui aplikasi keanggotaan Papua pada MSG yang diajukan oleh ULMWP. Papua memiliki kekayaan sumber daya alam yang sangat melimpah dan Papua dapat saja berbagi sumber daya yang ada tersebut dengan negara-negara Melanesia melalui suatu perjanjian ekonomi jika negara-negara anggota MSG dapat menjamin Papua bergabung dengan MSG.

Selain itu Rumbiak menambahkan pula, Freeport yang saat ini menguasai tambang tembaga di Papua, dalam kurun waktu 1 (satu) tahun memperoleh sebesar USD 250 miliar dari hasil eksploitasi tembaga dan pajak yang disetor kepada Indonesia adalah sebesar USD 14 miliar per tahun. Hasil eksploitasi tersebut sangat besar dan Negara Solomon Islands beserta negara-negara anggota MSG lainnya akan menikmati keuntungannya jika mendukung aplikasi yang diajukan oleh ULMWP dan turut serta dalam upaya mengadvokasi perjuangan kemerdekaan Papua.

Sementara itu, kelompok lokal yang selama ini turut menyuarakan kemerdekaan bagi Papua yang memiliki basis pergerakan di negara Solomon Islands, The Solomon Islands Solidarity Movement for West Papua (SISMWP) telah menyampaikan pernyataan sikap kepada Perdana Menteri Solomon Islands untuk segera menerima tawaran yang disampaikan oleh Jacob Rumbiak tersebut. Kelompok SISMWP memandang bahwa Solomon Islands akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mendukung aplikasi yang diajukan oleh ULMWP.

Melihat pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa, Jacob Rumbiak memiliki agenda untuk menjual kekayaan sumber daya alam Papua kepada negara lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Kesimpulan tersebut diperoleh mengingat pernyataan tersebut bertendensi sama sekali tidak mewakili masyarakat Papua dan cenderung merupakan pernyataan pribadi. Masyarakat Papua perlu mewaspadai pergerakan Jacob Rumbiak tersebut mengingat berbagai track record yang pernah dijalaninya. Jacob Rumbiak yang merupakan mantan tahanan politik tersebut pernah mengkhianati rekan sekoleganya, yaitu Forkorus Yamboisembut. Jika diberikan kepercayaan, maka tidak menutup kemungkinan Jacob Rumbiak akan menjual seluruh potensi yang ada di Papua untuk kepentingan pribadi.

PAPUA TIPU PAPUA !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s