Blok Masela dan Kedaulatan Indonesia di Perbatasan

Blok MaselaIndonesia terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan yang melimpah ini semakin mempertegas posisi Indonesia yang sangat penting didalam pergaulan dunia internasional. Baik kekayaan alam seperti gas minyak bumi ada di Indonesia sehingga menarik perhatian berbagai pihak. Salah satunya adalah blok Masela di bagian timur Indonesia.

Blok Masela merupakan sebuah blok yang kaya minyak dan gas yang berada tepat di perbatasan bagian selatan Indonesia. Blok ini menjadi populer seiring dengan permintaan Pemprov Maluku terkait dengan keinginan Maluku mendapatkan participating Interest (PI) sebesar 10 % dari pendapatan Blok Masela kepada Pemerintah Pusat. PI yang didapatkan ini diharapkan akan menjadi pendapatan daerah tambahan bagi Maluku untuk pembangunan daerah di Maluku.

Tentunya keberadaan Blok Masela di perbatasan antara Indonesia dengan Australia menjadi begitu strategis dan sekaligus rawan bagi kedaulatan kita. Kandungan gas alamnya yang melimpah sangat rawan dari klaim Negara tetangga. Selain itu pengelolaan blok tersebut yang masih diberikan kepada pihak asing menjadikan kita begitu miris melihat bagaimana sumber daya alam kita dikuasai asing.

Perlu adanya kesadaran dari pemerintah untuk kembali mengambil alih pengelolaan sumber daya alam kita disana. Keinginan Pertamina untuk mengambil alih blok ini perlu didukung disamping permintaan PI 10% oleh pihak Pemerintah Provinsi Maluku juga perlu ditindak lanjuti secara cepat, mengingat hasilnya yang didapatkan tentu akan digunakan sebagai modal pembangunan di Maluku.

Namun meskipun demikian pihak Pemprov Maluku harus benar – benar mempertanggungjawabkan PI ini seandainya dikabulkan oleh Pemerintah Pusat dengan melakukan pembangunan terutama di daerah Maluku Tenggara Barat sebagai daerah induk dari Blok Masela. Kesejahteraan masyarakatnya terutama yang berada di perabatasan harus diperhatikan dengan baik sehingga masyarakat merasa memiliki pemerintah.

Kesejahteraan masyarakat perbatasan merupakan hal yang penting dalam rangka menjaga kedaulatan Indonesia. Tidak cukup hanya mengirimkan beribu – ribu kapal perang untuk menjaga perbatasan namun tidak memperhatikan kesejahteraan masyarakatnya karena sinergitas antara masyarakat dengan pemerintahnya sangat penting dan krusial demi menjaga sumber daya alam kita dari tangan pihak asing yang ingin menguras habis Sumber daya alam kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s