Rekam Jejak Tindak Kriminalitas KNPB Selama Periode 2014-2015

rekam jejak knpbKomite Nasional Papua Barat atau yang lebih dikenal dengan sebutan KNPB sebagai salah satu “organisasi kemasyarakatan atau Ormas” yang mengekslusifkan diri khusus untuk para pemuda asli Papua mulai menunjukan eksistensinya. KNPB dibentuk berdasarkan hasil kesepakatan Kongres Pemuda Papua pada 19 November 2008. Sebagai salah satu organisasi yang mengkalim dalam menyuarakan aspirasi seluruh elemen masyarakat Papua, KNPB menginisiasi pembentukan PNWP (Parlemen Nasional West Papua) dan PRD (Parlemen Rakyat Daerah) sebagai organisasi sayap yang berfungsi mendukung pergerakan KNPB di Papua dan Papua Barat. Dalam perjalannya, KNPB telah banyak mengalami regenerasi kader. Namun nampaknya cita-cita luhur KNPB perlahan memudar dan dimanfaatkan oleh elit pengurus untuk melakukan provokasi, pembentukan opini negatif, doktrin aksi anarkisme dan tindak kriminlitas lainnya.

Rekam jejak KNPB yang menjurus pada tindak kriminlitas yang tidak dibenarkan secara hukum dan bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi Bangsa serta UUD Tahun 1945 sebagaimana tersurat dalam pasal dalam pasal 1 ayat 1 UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. Alasan ini pula yang mendasari keputusan Kapolda Papua Irjen Yotje Mende terkait aktivitas KNPB yang bertentangan dengan UU Ormas tersebut.

Berikut ini adalah rekam jejak tindak kriminlitas KNPB periode tahun 2014-2015.

Tabel

Rekam jejak KNPB tersebut merupakan rangkuman sekaligus bukti bahwa telah terjadi perubahan cita-cita KNPB sebagai Ormas yang mengedepankan aspirasi masyarakat Papua menjadi Ormas yang mengedepankan doktrin anarkis dalam menyampaikan kepentingannya dan terlibat dalam tindak kriminalitas yang menggangu ketertiban di masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s