Pemerintah Jokowi Serius Bangun Papua

pemerintah jokowi serius bangun PapuaMasyarakat Papua Tinggal menghitung hari, selepas Presiden Jokowi mengunjungi Papua dalam acra Natal Nasional pada akhir 2014 lalu. Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengadakan rapat bersama seluruh gubernur se-Indonesia ke Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta. Rapat tersebut tidak hanya membicarakan anggaran infrastruktur perhubungan tahun 2015, tetapi juga menyampaikan rencananya membangun kereta api di Papua.

Rencana Jotan itu patut diacungi jempol dan sebagai wujud keseriusan Pemerintah RI membangun Papua. Tidak hanya itu, Keseriusan Pemerintah untuk memilih membangun kereta api ditunjukan dengan pembatalan megaproyek kereta api supercepat Jakarta-Surabaya yang awalnya direncanakan mengunakan APBN-P 2015.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid mengatakan bahwa “Sumatera akan tersambung, kemudian Kalimantan, Pontianak dan Balikpapan, asumsi jalur yang tidak akan dibangun swasta. Yang tengah sudah ada rencana swasta masuk. Sulawesi, Manado, sampai Makassar. Papua, Sorong, sampai Manokwari yang pertama dibangun,” ujar Hadi.

Pernyataan Hadi semakin memberikan harapan besar bagi masyarakat Papua mengenai adanya moda transportasi yang lebih murah, cepat dan menjangkau semua wilayah di Papua. Selama ini kondisi geografis Papua yang sulit dijakangkau menjadi salah satu faktor lambatnya pemabngunan. Namun dengan adanya komitmen keseriusan Pemerintah tersebut sehingga kondisi perekonomian akan semakin berkembangan dengan pesat.

Diperkirakan sebagai wujud keseriusan Pemerintah dalam 5 tahun ke depan, anggaran infrastruktur kereta api pun akan menjadi anggaran yang paling besar.  Seperti diketahui besaran anggaran sektor kereta api dalam APBN-P 2015 menjadi yang terbesar. Angkanya cukup pantastis mencapai Rp 20 Triliun. Selain itu, pengembangan kereta api di Papua sudah seiring dengan rencana yang disusun oleh Bappenas.

Niatan pemerintah ini dinilai tidak hanya meningkatkan perekonomian Papua juga untuk Papua Barat. Peran serta masyarakat lagi-lagi menjadi modal utama untuk mewujudkan itu semua, untuk itu peran serta aktif masyarakat Papua menjadi aspek yang strategis dalam menyukseskan pembangunan kereta api.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s