Transmigrasi : Program Nasional Majukan Papua

TransmigrasiSecara etimologi, transmigrasi dapat diartikan sebagai perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduknya ke wilayah yang penduduknya masih sedikit atau belum ada penduduknya sama sekali. Dasar hukum pelaksanaan program transmigrasi di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2009 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1997 tentang Ketransmigrasian. Dalam Pasal 1 Point 2 dijelaskan bahwa transmigrasi adalah perpindahan penduduk secara sukarela untuk meningkatkan kesejahteraan dan menetap di kawasan transmigrasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah.

Berdasarkan aturan tersebut, dapat dipahami bahwa transmigrasi tidak hanya terfokus kepada perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain saja. Melainkan terdapat usaha pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya baik para transmigran maupun penduduk pada suatu wilayah yang menjadi daerah tujuan transmigrasi.

Pada sisi lain, transmigrasi juga diarahkan untuk mendukung pusat pertumbuhan yang telah ada atau yang sedang berkembang sebagai Kawasan Perkotaan Baru. Dengan demikian, transmigrasi merupakan salah satu upaya percepatan pembangunan kota-kota kecil terutama di luar pulau Jawa untuk meningkatkan perannya sebagai motor penggerak pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan daya saing daerah tersebut dengan daerah lainnya.

Mengingat transmigrasi bersifat lintas bidang, lintas sektor dan lintas daerah, maka transmigrasi juga merupakan salah satu program pemersatu bangsa disamping peningkatan kesejahteraan dan percepatan pembangunan daerah.Pola integrasi sosial masyarakat transmigrasi di kawasan transmigrasi dapat mewujudkan kehidupan masyarakat yang dinamis, harmonis, dan saling membutuhkan. Dengan demikian, secara alami akan terjadi proses integrasi dan harmonisasi budaya yang akhirnya dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hal senada pernah disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Ja’far, yang mengatakan bahwa penyelenggaraan transmigrasi selama ini telah terbukti mampu mendorong terbentuknya pusat-pusat produksi baru, yang kemudian berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru serta mendukung pembentukan pusat-pusat pemerintahan baru. Selain itu, sejarah panjang telah membuktikan bahwa penyelenggaraan transmigrasi telah terbukti mampu memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan bangsa Indonesia, terutama sebagai alat pemersatu bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

PernyataanMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tersebut sejalan dengan tujuan transmigrasi seperti yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2009, yaitu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung pembangunan daerah, dan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu daerah tujuan transmigrasi adalah Pulau Papua. Tentu saja hal ini sangat tepat dilakukan sebagai suatu usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal serta mendorong terbentuknya pusat-pusat produksi baru di tanah Papua. Selain itu, program transmigrasi di wilayah Papua dipandang dapat menjadi pemicu peningkatan integrasi masyarakat lokal yang akhirnya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia masyarakat Papua itu sendiri.

Dengan demikian, tidak ada alasan yang tepat jika beberapa waktu lalu Gubernur Papua (Lukas Enembe) menyatakan bahwa program transmigrasi di Tanah Papua tidak efektif. Banyak sekali manfaat dari program transmigrasi yang dapat diperoleh masyarakat Papua. Jika ada pihak yang menolak program transmigrasi, maka dapat disimpulakan bahwa pihak-pihak tersebut tidak menginginkan kemajuan bagi Tanah Papua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s