Rawat serta Jaga Keindahan Alam Papua

indexSejak dulu, tanah Papua dikenal sebagai pulau paling timur Indonesia yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang beragam dengan jumlah yang melimpah ruah, keberagaman suku, agama serta budayanya. Tanah Papua juga selalu identik dengan konflik berkepanjangan sejak Integrasi pada 1963 sampai saat ini dengan isu sensitif perang antar suku, Papua Merdeka dan pelanggaran HAM yang banyak menarik perhatian dunia internasional.

Selama ini, tidak banyak media yang tertarik untuk mengangkat pemberitaan Papua yang fokus pada keindahan panorama alam Papua yang dikenal sangat luar biasa dan dapat dijadikan sebagai salah satu tujuan objek wisata yang tidak akan kalah dengan objek wisata di daerah lainnya di Indonesia, karena kecenderungan trending topic yang dianggap paling laku terkait pemberitaan Papua melulu hanya terkait Papua Merdeka dan masalah HAM saja padahal begitu banyak keindahan alam yang kurang diekspos seperti Danau Sentani, Salju abadi di puncak Carstenz pegunungan Jayawijaya dan Keindahan bawah laut Raja Ampat.

Danau Sentani merupakan danau yang luas dan menjadi keheningan dalam damai di tanah Papua. Danau ini memiliki pemandangan yang indah dan terletak di dekat Jayapura, ibu kota Provinsi Papua. Danau ini merangkul Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan menjadi tempat tinggal bagi 24 desa yang betengger sekitar danau.

Untuk melihat kilauan air danaunya, Anda bisa melihatnya dari Bukit Makatur. Di sini terpampang jelas keindahan Danau Sentani. Danau yang biru dipadu dengan warna hijau dari jajaran Pegunungan Cylops, menjadikan suasana seperti keheningan tanpa batas. Di bukit tersebut juga terdapat museum yang berisikan kisah Jenderal Mac Arthur, jendral perang AS, selama Perang Dunia II.

Mengarungi danau juga menjadi kegiatan yang menyenangkan. Anda dapat menyewa perahu dari masyarakat sekitar untuk menjelajahi Danau Sentani. Hembusan angin dan suasana yang syahdu dapat Anda temui selama perjalanan. Jangan lupa untuk bertemu masyarakat sekitar yang sangat ramah di tepian danaunya.

Danau Sentani memiliki luas sekitar 110 km2, dan terdapat beberapa pulau kecil di tengahnya, antara lain Pulau Asei, Pulau Ajau, Pulau Yobeh, Pulau Kensio, Puyoh besar atau Putali, dan Pulau Yonokom. Salah satu yang terkenal Pulau Asei dengan kerajinan lukisan kulit kayunya. Lukisan yang unik.

Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Carstensz Pyramid gunung beratap salju di Indonesia yang berada di Papua banyak di impikan oleh banyak pendaki untuk bisa menjejakkan kaki di puncaknya. Selain karena dia adalah puncak tertinggi di Indonesia, para pendaki akan menemukan sensasi berbeda yang tidak didapatkan di hampir semua karakter gunung di Indonesia, yakni atapnya Indonesia ini beratap salju.

Tetapi salju ini diperkirakan akan menyusut dan mengering pada tahun 2024, hal ini disebabkan oleh pemanasan global. Perhitungan tersebut didasarkan atas analisis data empiris menggunakan pendekatan linier yang dikerjakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Jadi bukan tidak mungkin suatu saat pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi di Gunung Kilimanjaro, Afrika.

Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Raja Ampat tidak hanya menawarkan keindahan alam bawah laut, tapi juga daratan yang eksotis. Ada Desa Wisata Arborek yang menawarkan keasrian desa dan juga melihat terampilnya ibu-ibu membuat tas.

Terletak di Meos Mansar, Raja Ampat, Papua Barat, Desa Arborek menawarkan wisata yang berbeda. Di atas tanah seluas 7 hektar, Desa Wisata Arborek dihuni oleh lebih dari 150 keluarga. Desa ini menjadi pelopor di antara 18 desa wisata di Papua Barat. Nikmati udara bersih yang dihasilkan dari pepohonan rimbun di Arborek. Mungkin udara seperti ini akan sulit Anda temukan begitu kembali ke kota asal.

Selain keindahan alam bawah laut, masih banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat berada di Desa Arborek. Salah satunya adalah bercengkrama dengan penduduk asli Arborek yang terkenal ramah.

Sambil berbincang, Anda bisa melihat jemari para ibu yang lincah membuat tas dan topi dari pandan. Ya, para ibu Desa Arborek memang terkenal sebagai pengrajin topi dan tas. Jika tertarik, Anda juga bisa belajar membuat.

Tidak seperti kebanyakan wanita desa lain yang biasanya ikut membantu para suami sebagai nelayan, wanita Desa Arborek memproduksi tas dan topi sebagai pekerjaan pokok. Kebanyakan dari mereka menganggap pekerjaan sebagai pengrajin tas dan topi jauh lebih anggun untuk kaum wanita.

Untuk mencapai Desa Arborek, Anda bisa berangkat dari Sorong. Kemudian dilanjutkan mengunakan kapal motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Dari Waisai, perjalanan masih harus dilanjutkan selama kurang dari dua jam dengan menggunakan perahu panjang ke Desa Arborek.

Pesona masyarakat asli yang berpadu dengan kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan alam ini semakin lengkap dengan pesona keindahan alamnya yang begitu memikat. Surga bawah lautnya menyatu dengan lebat hutan hujan tropis dan salju abadi di puncak pegunungan. Hamparkan karunia agung dari Tuhan Yang Maha Esa yang selayaknya disyukuri oleh masyarakat papua dengan baik. Melihat papua membuka banyak mata yang tercengang memandang keindahannya,dari segi aspek apapun yang dapat di pandang dan memiliki banyak keragaman yang sangat dan harus untuk kita ketahui.Alam yang terdapat di provinsi papua sangat unik juga memiliki ciri khas yang tidak di temui di daerah lain di Indonesia.

Keunikan serta keragaman dalam kenampakan alam lainnya seperti dataran rendah ,dataran tinggi, gunung,bukit, lembah, padang sabana, pesisir pantai, rawa-rawa, laut, dan selat. Setiap bentuk kenampakan alam tersebut mampu mendukung kehidupan masyarakat Provinsi Papua yang sangat menyatu dengan alam. Masyarakat provinsi papua pun tercukupi kebutuhan hidupnya dari mengolah alam papua yang menyimpan berjuta sumber daya alam.

Pesona ini harus dijaga serta dirawat setiap masyarakat di Papua karena ini merupakan aset berharga ibarat tambang emas yang jika di ambil hasilnya tidak akan ada habis – habisnya namun bisa lenyap dalam sekejap bila tidak dijaga bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s