Jokowi Yakinkan Masyarakat Papua Lebih Maju

PresidenJokowi-pasarpapua-e1419766627555Belakangan ini ramai perbincangan dan perdebatan terkait dengan pembangunan smelter Freeport di Papua, rencana pihak Freeport untuk membangun smelter di Gresik yang telah disetujui oleh Pemerintah mendapat reaksi keras dari masyarakat Papua. Banyak pihak yang kecewa dan secara terburu – buru mengatakan Jokowi gagal dan ingkar janji akan mensejahterakan rakyat Papua, benarkah demikian?

Tentu saja kesimpulan ini terlalu terburu – buru, apakah dengan pembangunan sebuah smelter di Tanah Papua akan menjamin kehidupan dan kemakmuran mayarakat Papua? Apakah dengan Smelter akar permasalahan di Papua dapat diatasi sekejap mata? Pertanyaan – pertanyaan ini harusnya menjadi renungan bagi para tokoh – tokoh masyarakat di tanah Papua masih banyak cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Papua.

Jokowi sudah membuktikan hal itu, dalam kampanyenya ketika dirinya masih menjadi calon presiden dirinya menegaskan konsep untuk memakmurkan Papua, dirinya mengenalkan pembangunan tol laut, didalam konsep ini Jokowi mengatakan bahwa bila tol laut ini selesai dilaksanakan maka harga kebutuhan pokok di Papua tidak setinggi dulu lagi, disamping itu komoditas dari tanah Papua dapat dengan mudah didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia lewat tol laut ini, tentu saja ini akan meningkatkan perekonomian rakyat Papua kedepannya.

Jika melihat keseriusan Jokowi dalam membangun Papua , kita lihat saja bagaimana perayaan Natal nasional yang selama ini dipusatkan di Jakarta untuk pertama kalinya dilakukan di luar Jakarta dan daerah yang diberikan kehormatan pertama kali untuk menjadi tuan rumah adalah Papua, dan dihadiri langsung oleh Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia. Kedatangan Jokowi bukan hanya sekedar seremonial menghadiri acara Natal Nasional tetapi juga melakukan roadshow ke beberapa daerah di Papua untuk meninjau apa sebenarnya permasalahan dan apa yang dibutuhkan Papua saat ini.

Konsep kemaritiman yang digagas oleh Jokowi akan sangat menguntungkan masyarakat Papua, dengan demikian maka Papua akan mampu lepas dari ketertinggalannya. Sering dengan kesejahteraan yang meningkat, maka bidang – bidang lainnya seperti pendidikan akan ikut maju. Cukup sudah meributkan masalah pembangunan smelter dibangun di Papua atau tidak, toh juga pembangunan smelter di Papua tidak akan membawa efek langsung kepada masyarakat bawah, justru kita harus mempertanyakan apa maksud beberapa orang memaksa smelter di Papua, apakah ada kepentingan tertentu yang mereka bawa?

Oleh karena itu saat ini mari kita berpikir sejenak masih banyak permasalahan yang harus kita atasi di Papua, masalah Papua itu bukan sekedar ribut masalah posisi lokasi smelter di Papua atau tidak di Papua. Jokowi datang dengan idenya untuk memajukan Papua kesungguhan ini perlu kita dukung. Mari kita berikan Jokowi kepercayaan kepada dirinya, masa jabatannya masih lama masih banyak waktu dan saya yakin dengan dukungan dan kepercayaan masyarakat di tanah Papua segala mimpi kemajuan Papua akan menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s