Papua : Dukung Pemekaran Tingkatkan Kesejahteraan OAP

gSalah satu aspek yang sangat penting dari pelaksanaan otonomi daerah saat ini adalah terkait dengan pemekaran wilayah Provinsi, Kabupaten/Kota sesuai ketentuan PP No 78 Tahun 2007 dengan terpenuhi syarat teknis yaitu kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial politik; jumlah penduduk, luas daerah, pertahanan keamanan, pertimbangan kemampuan keuangan, tingkat kesejahteraan masyarakat, dan rentang kendali pelaksanaan pemerintahan daerah.

Terkait dengan itu Pemekaran Wilayah Papua selama ini dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat setempat atau oaring asli Papua (OAP) seperti mengetahui kondisi riil di lapangan dalam memperpendek jangkauan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik pada tingkat geogerafis yang sulit serta terwujudnya keinginan masyarakat mempercepat peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat baik aspek pendidikan, kesehatan, sosial budaya, dan politik serta pembangunan infrastruktur daerah.

Secara umum Provinsi Papua menjadi perhatian utama dalam perencanaan Pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) dalam rangka percepatan pembangunan daerah melalui menyediakan pelayanan publik yang lebih baik dalam wilayah kewenangan yang terbatas/terukur, Mempercepat pertumbuhan ekonomi penduduk lokal melalui perbaikan kerangka pengembangan ekonomi daerah berbasiskan potensi lokal dan Penyerapan tenaga kerja secara lebih luas di sektor pemerintah. Sehingga pada hakekatnya Pemekaran Wilayah akan mampu menjawab tingkat kesejahteraan masyarakat, mengurangi tingkat kemisikinan, pengangguran, serta memajukan kualitas Sumber daya manusia dan mengatasi kesehatan masyarakat lokal yang lebih baik.

Seperti yang disampaikan oleh mantan Anggota DPR RI, Paskalis Kossay bahwa pemekaran wilayah di Papua merupakan salah satu solusi untuk mengubah kondisi kehidupan dan mempercepat proses kemajuan serta peningkatan kesejahteraan.

“Saya merasa pemekaran merupakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan secara mendasar tetapi harus dilakukan secara efektif dan profesional,” kata Paskalis. Oleh karena itu, setiap usulan pemekaran daerah bagi masyarakat Papua selalu ditanggapi dengan antusiasme yang luar biasa.

Ia mengatakan, sebaiknya aspirasi pemekaran wilayah oleh masyarakat Papua tidak dihambat dengan berbagai kebijakan yang akan merugikan masyarakat Papua.

“Mungkin lebih bijaksana kalau setiap aspirasi pemekaran daerah tersebut dapat ditanggapi secara serius dan segera diwujudkannya, dengan demikian berbagai masalah yang dihadapi masyarakat Papua saat ini akan segera teratasi dan terselesaikan dengan baik seiring dengan kehadiran daerah otonom baru itu. Pemekaran merupakan bagian dari solusi permasalahan di Papua,” paparnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s