Harapan Papua Tidak Ada Kekerasan Lagi di Tahun 2015

dSelama tahun 2015 ini, diharapkan rakyat Papua hidup lebih damai. Tidak ada kekerasan, tidak ada pembunuhan, tidak ada pertikaian antara TNI, Polri dan rakyat maupun masyarakat dengan masyarakat.

“Memasuki tahun 2015, kami ingin Papua dengan penuh damai dan mengakhiri tahun 2014 dengan penuh damai, kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, usai perayaan Lepas Sambut Tahun di Halaman Kantor Gubernur.

Menurutnya, setiap orang boleh hidup di atas Tanah Papua, tetapi hidup dengan damai dan saling berdampingan satu sama lain. Gubernur mengimbau agar pengalaman pahit yang telah dilalui ditinggalkan dan membangun dan menata kembali Papua menuju ke arah yang lebih baik.

Disinggung soal janji Presiden RI ke Papua? Dikatakan, Presiden Jokowi datang langsung ingin mendengar dari rakyat. Pemprov Papua belum memberikan masukan kepada Presiden.

“Tentu sekali, kebijakan Presiden akan kami dukung. Kami sebagai perpanjangan pemerintah di daerah, siap melaksanakan, sesuai dengan keinginan masyarakat yang sudah disampaikan kepada Presiden secara langsung,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lukas Enembe melakukan perayaan malam Tahun Baru dilakukan secara sederhana terkait dengan musibah jatuhnya AirAsia. Perayaan malam lepas sambut tidak semeriah tahun–tahun sebelumnya.

“Ya, kita laksanakan tidak seperti tahun lalu yang terlalu meriah, namun sekarang tidak seperti itu karena lebih pada ibadah memasuki tahun baru dan tidak terlalu ramai seperti tahun kemarin,” ujarnya.

Apalagi, kata gubernur, karena memang Presiden Jokowi sudah menekankan seperti itu, termasuk tidak perlu berhura-hura atau lebih baik melakukan penghematan. “Jadi, saya pikir ini lebih efisien dalam penyelenggaraan pemerintah. Bahkan, ada pemerintah daerah yang tidak menggelar malam lepas sambut tahun baru,”ujarnya.

Senada dengan gubernur Papua, salah satu tokoh di Wamena, Ismail Hilapok mengatakan bahwa besar harapan rakyat, Papua semakin damai dan terus damai untuk mendukung percepatan pembangunan. “saatnya kita fokus peningkatan ekonomi demi peningkatan kesejahteraan” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s