Masyarakat Papua Pilih Natal Hikmat, Bukan HUT Melanesia

Untitled

Hari Ulang Tahun Melanesia bukan hal yang diutamakan warga Papua saat ini. Hal ini terbukti pada saat perayaan HUT Melanesia yang jatuh pada 14 Desember 2014 tidak ada aksi ataupun kegiatan yang dilaksanakan di tanah Papua. Dilihat dari sejarah sebelumnya, pada beberapa tahun terakhir momen ini sudah jarang di peringati oleh warga Papua mengingat waktunya yang berdekatan dengan Perayaan Keagamaan Natal dan Tahun Baru.

Tren ini mengarah pada kesadaran masyarakat bahwa hal yang perlu diutamakan adalah kesadaran betapa pentingnya situasi yang kondusif dalam menjelang pelaksanaan ibadah Natal, mengingat Warga Papua merupakan masyarakat yang agamis. Selain itu, Kepolisian Daerah Papua juga telah berhasil melakukan pengamanan dalam mengantisipasi aksi ataupun kegiatan dari kelompok pro melanesia. Sebelumnya, Kapolda Papua, Irjen Polisi Yotje Mende mengatakan bahwa dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat, anggota Polda Papua dan jajaran akan diturunkan di lokasi-lokasi yang memang dianggap rawan, dengan harapan tidak ada kejadian jelang HUT Melanesia, apalagi bulan ini merupakan suasana Natal. (9/12/2014).

Pada dasarnya, masyarakat juga menginginkan suasana yang aman dan kondusif, terutama pada saat perayaan keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru, namun momen ini sangat rawan di manfaatkan oleh kelompok yang tidak bertanggung jawab, sehingga kesadaran masyarakat agar menjaga kondisi dan situasi kondusif serta tidak terpancing aksi-aksi yang mungkin timbul pada saat menjelang Natal sangat dibutuhkan.

Natal adalah momen yang suci dan tidak seharusnya diusik oleh kepentingan sekelompok kecil masyarakat di Papua, karena masyarakat Papua menginginkan Ibadah Natal yang hikmat, bukan aksi kelompok separatis yang syarat akan saling menyakiti. “Damai Natal di Bumi Cendrawasih.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s