Era Jokowi: Permasalahan HAM di Papua Terselesaikan

Untitled

Adanya korban jiwa dalam dinamisme kehidupan sosial masyarakat di Papua tidaklah hal yang diinginkan oleh semua pihak. Namun adanya kelompok bersenjata mengakibatkan kontak senjata yang tidak jarang menimbulkan korban jiwa. Korban bukan hanya dari aparat keamanan dan kelompok bersenjata, tetapi kerap terdapat korban jiwa dari masyarakat sipil. Namun bukan berarti pemerintah diam tanpa mengambil tindakan penyelesaian masalah. Pemerintah juga menyadari bahwa penyelesaian permasalahan HAM di Papua tidak dapat dilakukan tanpa adanya langkah-langkah strategis dan taktis dari pemerintah. Hal ini telah dilakukan oleh masa pemerintah sebelumnya. Perhatian Pemerintah Jokowi juga menjadi suatu hal yang sangat di harapkan dalam penanganan seluruh permasalahan di Papua, khususnya penyelesaian permasalahan HAM.

Seperti yang telah kita ketahui, bentrok antara warga dan aparat keamanan di Enarotali, Kabupaten Paniai, pecah pada Senin 8 Desember 2014, Sedikitnya lima warga tewas dan belasan orang terluka. Kasus tersebut, hingga kini masih diselidiki aparat Kepolisian setempat. Menurut Jokowi, dirinya tidak ingin tergesa-gesa dalam mengomentari kasus Paniai, karena peristiwa kekerasan serupa di Papua sudah sering terjadi. Saat ini Jokowi sedang menunggu data-data yang kongkrit dari seluruh penjuru, terkait kasus bentrok di Paniai, sehingga tidak ada kesalahpahaman dalam penanganan kasus Paniai. “Saya sudah membentuk tim investigasi, untuk mencari tahu yang terjadi sebenarnya dan akar pemasalahannya apa?” ujar Jokowi, saat melakukan tatap muka dengan barisan relawan Jokowi Presiden di GOR Waringin Kota Jayapura (27/12/2014).

Keseriusan Era Pemerintah Jokowi pada penanganan permasalahan HAM di Papua saat ini sudah terlihat, melihat langkah yang dilakukan Jokowi bisa dikatakan cara baru dan diterima oleh masyarakat di Papua. Selain itu adanya kegiatan Natal Nasional yang dilakukan oleh Presiden Jokowi di Papua merupakan angin segar bagi penanganan permasalahan konflik sosial yang kerap menimbulkan korban jiwa. Tim Investigasi oleh Jokowi diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan HAM di Papua, namun perlu di ketahui bahwa segala usaha yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan berjalan dengan lancar apabila masyarakat tidak mendukungnya. Jika antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan Natal Nasional bersama Jokowi di Papua sama dengan antusiasme dalam penyelesaian permasalahan HAM di Tanah Papua, maka bukan hal yang tidak mungkin di era pemerintahan Jokowi, maka permasalahan HAM di Papua akan Terselesaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s