“BHINEKA TUNGGAL IKA” KUNCI KESEJAHTERAAN RAKYAT PAPUA

gaaruda

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Papua mengambarkan keseriusan Pemerintahan Indonesia dibawah Pimpinan Presiden Jokowi untuk membangun wilayah Indonesia Timur. Bumi Cenderawasih merupakan wilayah yang terkenal sangat kaya, baik kekayaan Alam maupun Budayanya. Namun demikian, hal tersebut belum mampu menjamin kesejahteraan masyarakat Papua.

Presiden jokowi saat pertemuan dengan kepala daerah, tokoh masyarakat, dan tokoh adat Papua Barat di kantor Wali Kota Sorong mengakui dan merasa bangga akan kekyaan di tanah Papua. “Tanah Papua ini adalah sebuah tanah yang sangat, sangat, sangat kaya raya,” kata Presiden Jokowi (29/12).

Namun demikian, sangat perlu dilakukan pembenahan birokrasi pemerintahan Papua dalam mengelola SDA tersebut agar dapat menjamin kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Papua. Sebap Jika tidak dengan pengelolan yang tepat, kekayaan Tanah Papua justru hanya akan menguntungkan segelintir elit di Papua. Oleh karena itu, peranan maysarakat Papua sangat penting untuk mendukung berbagai program Pemerintah Indonesia kedepannya.

Dalam kinjungan tersebut presdien Jokowi juga berpesan agar Gubernur, Bupati, dan Wali Kota untuk mengendalikan kekayaan alam dengan tidak mengobral izin eksploitasi SDA yang ada. Selain itu masyarakat juga diharapkan ikut serta dalam pembangunan dengan turut serta dalam peningkatan SDM melalui pendidikan, kerjasama mendukung transmigrasi, dan memfokuskan diri untuk membangun Papua dengan tidak terpengaruh profokatif dari kelompok separatis yang ada di Papua.

Kedepannya, pemerintah Indonesia akan membenahi Aparatur Pemerintah di Papua dengan mengkaji kembali pengelolaan dana Otonomi Daerah dan semua itu membutuhkan peran dari aparatur pemerintah daerah di Papua. “Kebijakan publik yang tepat dan benar, kebijakan publik yang benar dan tepat. Hanya di situ saja,” ujar Presiden Jokowi. Selain itu, kedepannya juga Presiden Jokowi akan membenahi Moda transportasi Darat di Papua dengan membangun jalur kereta api di Tanah Papua.

Pembangunan wilayah Papua tidek terlepas dari peranan masyarakat transmigran. Hal tersebut terlihat dalam pembangunan di tiga Pulau besar Indonesia yakni Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi yang menunjukan “Bhineka Tunggal Ika” menjadi kunci pembangunan Papua.(CH)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s