HAMBATAN PEMBANGUNAN DI PAPUA DAPAT DISINGKIRKAN JIKA??

papua indo

Indonesia merupakan suatu negara kesatuan yang memiliki kekayaan baik sumber daya alam dan sumber daya manusia.  Tidak hanya kekayaan tersebut yang membedakan negara Indonesia dengan negara lain, salah satu hal yang sangat menonjol yaitu kebudayaan. Salah satu wilayah yang termasuk didalamnya adalah Papua. Papua  terdiri dari 2 provinsi, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, kedua provinsi ini adalah  yang ditetapkan pemerintah menjadi daerah Otonomi Khusus, inilah yang membedakan Papua dengan Provinsi lainnya di Indonesia.

Pemerintah Indonesia dalam proses pembangunan mengakui bahwa kehidupan bermasyarakat di Papua berbeda dengan Provinsi Lainnya, Papua memiliki lembaga dan sistem sendiri sebelumnya, yang dikenal sebagai masyarakat adat. Oleh karena itu Pemerintah Indonesia memberikan pendekatan khusus dalam proses pembangunan di Papua melalui Otonomi Khusus dalam UU Nomor 21 tahun 2001 yang menandakan keseriusan Pemerintah pusat dalam melakukan pembangunan di Papua.

Pada dasarnya Otsus dikeluarkan untuk mendorong proses pembangunan di Papua melalui pemberian kewenangan lebih kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hingga saat ini banyak hal yang telah dicapai dalam proses pembangunan di Papua. Salah satu bidang yang telah mengalami kemajuan yang cukup pesat adalah bidang pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyak sekolah (SD, SMP, SMA/SMK) bahkan Universitas yang berdiri di tanah Papua. Hal ini juga dibarengi dengan kesadaran masyarakat dalam mengikuti proses pendidikan yang disediakan. Selain itu pemerintah Provinsi Papua juga sangat mendukung generasi muda dalam menempuh pendidikan melalui beasiswa hingga hampir ke seluruh universitas terbaik di Indonesia. Usaha ini dilakukan oleh Pemerintah pusat dan daerah karena pendidikan merupakan salah satu faktor dominan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan harapan proses pembangunan di tanah Papua dapat dilakukan secara maksimal.

Kebijakan di bidang ekonomi, keamanan, transportasi, pariwisata dan kebijakan lainnya juga dilakukan terus dilakukan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat di Papua. Pembangunan melalui pendekatan adat juga dilakukan pemerintah dengan mendukung segala kegiatan adat yang bersifat positif dan mendukung pada pembangunan tanah Papua sehingga proses pembangunan yang dilakukan tidak mengganggu kearifan lokal baik adat istiadat dan kehidupan bermasyarakat di Tanah Papua. Kita akui bersama bahwa tingkat kesejahteraan di Papua saat ini sudah jauh lebih meningkat dalam satu dekade terakhir. Ini tidak terlepas dari usaha pemerintah dan masyarakat papua itu sendiri.

Namun jika dilihat dari perjalanannya, capaian ini sangatlah sulit diperoleh mengingat banyaknya hambatan yang dilalui oleh Pemerintah. Saat kembalinya Irian Jaya (Papua) pada NKRI sesuai dengan Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera) tahun 1969, saat yang bersamaan pula muncul kelompok yang dikenal dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang menginginkan Papua untuk keluar dari NKRI. Inilah hambatan terbesar yang dihadapi oleh pemerintah dalam membangun Papua. Hingga saat ini kelompok bersenjata ini masih aktif dalam melakukan kegiatan separatisme dan tidak ragu dalam mengambil tindakan “kasar” kerap menimbulkan korban jiwa baik dari masyarakat dan aparat keamanan (TNI/Polri).  Selain itu adanya beberapa kasus korupsi yang  terjadi  di tingkat provinsi maupun kabupaten di Papua menjadi penghambat proses pembangunan. Hal inilah yang mengakibatkan pembanguan di Papua tersendat.

Hal yang perlu kita sadari bahwa Pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di Tanah Papua sangat mungkin dapat dilakukan dengan efektif dan efisien jika hambatan-hambatan tersebut dapat di hilangkan. Lalu bagaimana kita menghadapi hambatan tersebut. Hal terpenting dalam menjawab pertanyaan besar ini adalah “Kesadaran Bersama.” Kita semua juga mengakui bahwa langkah pembangunan melalui Otonomi Khusus sudah sangat tepat dan  dilakukan dengan mekanisme yang jelas. Oleh karena itu dibutuhkan kesadaran bersama pemerintah dan masyarakat dalam mendukung pelaksanaan pembangunan Tanah Papua. Dengan adanya kesadaran ini Papua tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat melampaui kemajuan Provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s