OPM Amankan Pemilu Legislatif 2014 di Paniai

OPM-02

Kelompok gerakan bersenjata atau biasa di sebut TPN OPM di wilayah Paniai yang dipimpin oleh Salmon Yogi baru-baru ini sangat menghentak masarakat Papua khususnya elemen yang selalu menyuarakan Papua merdeka atau Papua bukan bagian NKRI. Bagaimana tidak, disaat segelintir orang ingin mengacaukan pelaksanaan Pemilu di Papua dan himbauan untuk melakukan Golput, namun beda halnya dengan TPN OPM di wilayah Paniai yang justeru menginginkankan pelaksanaan Pileg 2014 sukses dan aman.
Bupati Kabupaten Paniai, Hengky Kayame mengungkapkan hingga H+1 pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Legislatif (Pileg) di Paniai secara keseluruhan berjalan lancar dan aman. Bupati juga mengklaim, TPN/OPM yang berseberangan pun ikut amankan Pileg.
Menurutnya, Paniai merupakan salah satu kabupaten yang diwaspadai oleh pihak aparat keamanan (TNI/Polri), sebab menurut Kayame, sewaktu-waktu kelompok berseberangan (TPN/OPM) sering turun hingga di kota Enarotali.
“Saya mau sampaikan bahwa Paniai kadang masih dianggap daerah rawan. Mungkin ini tidak lepas dari cerita lalu di mana dulu keberadaan saudara-saudara berseberangan (TPN/OPM) ini sering menunjukan eksistensinya. Tapi saat ini saya sampaikan bahwa semua sudah berubah,” kata bupati Paniai melalui telepon seluler kepada majalahselangkah.com, Jumat (11/04).
Bupati mengklaim, bahkan kelompok berseberangan ikut mengamankan jalannya Pileg dengan tidak membuat gerakan tambahan hingga waktu penghitungan kemarin.
“Kami menggunakan helikopter mendatangani 7 distrik yang ada di Paniai. Memang rencana kami mau datangi 10 distrik, tapi cuaca di 3 distrik lainnya tak bersahabat, sehingga kami pantau 7 distrik saja,” lanjut bupati.
“Semua aman.” Begitu singkat Kayame.
Lanjut Kayame, tak ada insiden yang mencederai jalannya pesta demokrasi. “Jadi dalam pesta demokrasi ini di Paniai aman”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s