Lukas Enembe : Papua Tidak Butuh Merdeka, hanya Ingin Sejahtera

Seputar Papua – Di tengah ribuan warga dalam pencanangan kota mandiri di Tiom, Kabupaten Lanny Jaya, Gubernur Papua Lukas Enembe berteriak lantang: Papua tidak butuh merdeka, hanya ingin sejahtera. Tepuk tangan membahana.

Lukas memberikan sambutan di lapangan berlumpur di Tiom, di hadapan warga Tiom, Lanny Jaya dan Mendikbud serta Menkes, Sabtu (20/7/2013). Hadir pula Staf Khusus Presiden Bidang Otonomi Daerah Velix Wanggai.

“Akan terjadi perubahan besar-besaran di Papua. 80 persen dana Otsus akan saya distribusikan ke kabupaten dan kota. Gubernur tidak mengurus proyek,” janji Lukas yang mengenakan safari warna abu-abu ini.

Lukas yang dilantik sebagai gubernur April lalu berharap dengan dicanangkannya Tiom sebagai kota mandiri, pembangunan di Lanny Jaya bisa berkembang lebih cepat. Kemajuan serupa juga diharapkan terjadi di daerah lain.

“Kami siap bangkit, saya setuju itu,” katanya mengutip tulisan di baliho yang dipasang di lokasi acara.

Acara pencanangan kota mandiri Tiom dihadiri ribuan warga. Sepanjang jalan dari bandara ke lokasi yang berjarak 300-an meter dijejali siswa-siswi PAUD hingga SMA. Mereka membawa poster berisi ucapan selamat dan bendera merah putih.

Tiom merupakan ibukota kabupaten Lanny Jaya. Posisinya berada di tengah perbukitan. Juga di tengah-tengah Papua.

Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalon berharap Tiom menjadi kawasan alternatif kemajuan Papua. Ia menargetkan pada 2016, program pendidikan dasar tuntas. Ditandai dengan berdirinya 143 PAUD, 60 SD, 23 SMP dan 5 SMA serta 1 rumah sakit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s