Papua Mau Merdeka???? Stop Sudah………..

Keinginan segelintir bahkan mungkin setiap orang papua dalam setiap aksi unjuk rasa menyuarakan kemerdekaan bangsa papua dan terlepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) umumnya menjelang tanggal 1 desember setiap tahunnya. Aksi unjuk rasa pada tanggal ini merupakan representasi saat papua masuk kedalam NKRI yakni 1 Desember 1963. Yang menurut pengunjuk rasa illegal karena masuknya papua pada saat itu, merupakan manipulasi pemerintah Republik Indonesia yang menyelenggarakan Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA) yang memenangkan NKRI.
Dalam lima tahun terakhir, setiap peliputan berita unjuk rasa ini, saya tidak pernah melihat “muka muka” baru. Hanya yang itu itu saja, yang baru adalah teknik orasi mereka. Jika yang semula menuntut kemerdekaan, kini kemerdakaan mulai menjadi “nomor dua”. Yang nomor satu adalah pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Bahkan, unjuk rasa meminta merdeka sewaktu waktu dapat terjadi jika pemerintah pusat akan melakukan audit keuangan yang terjadi di papua.
Seorang temanku saat masih kuliah sangat antusias jika akan ada unjuk rasa tentang merdeka. Bahkan dia rela meninggalkan ujian semester demi mengikuti unjuk rasa tersebut.
Kini, setelah sepuluh tahun berlalu dan temanku kini telah menjadi seorang pegawai negeri.
Saat meliput aksi unjuk rasa tadi siang terkait kemerdekaan papua di kantor DPRD Provinsi Papua Barat, iseng iseng saya hubungi temanku tadi.
“Kawan…..ini ada demo merdeka…….ko tra ikut k????” kata Saya. Dengan bahasa prokem papua yang kira kira dalam bahasa indonesia baku…..”Kawan, sekarang ada demonstrasi minta kemerdekaan papua, kamu tidak ikut????”
“Papua Mau Merdeka???? Stop sudah………” Kata Kawanku sambil mematikan ponselnya.
Saya hanya tersenyum……………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s