“…The AGREEMENT Between RI And VANUATU…” Republik VANUATU Hormati Kedaulatan NKRI

menlu-vanuatu

Jakarta, Menteri Luar Negeri RI, Dr. Marty Natalegawa pada Desember 2011 menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Vanuatu Alfred Carlot, di Gedung Pancasila Kementrian Luar Negeri RI, Jakarta. Kedua Menteri Luar Negeri mengadakan pembicaraan perihal Agreement Between The Republic of Indonesia and The Republic of Vanuatu on the Framework for Development Cooperation/Development Cooperation Agreement (DCA). DCA merupakan landasan utama bagi kemitraan yang lebih stabil berdasarkan prinsip saling menguntungkan dan saling menghormati antara kedua negara. Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Vanuatu siap untuk bekerjasama satu sama lain dalam berbagai program kemitraan yang berkelanjutan, yang hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat kedua negara. Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa dan Menteri Luar Negeri Vanuatu Alfred Carlot kemudian menandatangani Development Cooperation Agreement setelah kunjungan kehormatan Menlu Vanuatu kepada Menlu RI.

Dalam konferensi pers, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa menyatakan bahwa kami baru saja melakukan pembicaraan berkenaan dengan berbagai isu yang menjadi kepentingan bersama, antara lain kerjasama bilateral seperti bidang politik dan keamanan, kerjasama kepolisian, perdagangan dan investasi, upaya-upaya peningkatan hubungan antar masyarakat, serta kerjasama teknik dan pendidikan. Perjanjian tersebut menjadi kerangka hukum bagi kedua negara untuk saling menghormati kedaulatan masing-masing, persatuan, integritas teritorial dan prinsip non-intervensi terhadap urusan internal masing-masing. Perjanjian tersebut berfungsi sebagai payung perjanjian dan mencakup berbagai kerjasama dan kemitraan termasuk pertanian, kelautan dan perikanan, kehutanan, pendidikan, kerjasama dalam organisasi internasional terkait dengan isu-isu pembangunan serta peningkatan hubungan antar masyarakat. Menteri Luar Negeri Vanuatu, Alfred Carlot menyatakan sangat menghormati kedaulatan RI.

Dalam masalah Papua dan Papua Barat dimana kedua wilayah tersebut merupakan bagian dari kedaulatan RI, Alfred Carlot menyatakan bahwa Pemerintah dan Rakyat Vanuatu menghormati kedaulatan RI dan tidak akan mencampuri urusan kedaulatan RI. Lebih lanjut Menlu Vanuatu Alfred Carlot menyatakan kerjasama antara Vanuatu dan RI dalam berbagai bidang tersebut juga akan ditunjang dengan kerjasama Pariwisata dan kami tidak melihat nilai nominal dari bantuan investasi dan lainnya yang akan diberikan oleh Pemerintah RI, karena kami lebih melihat pada suatu hubungan yang baik yang terjalin antara kedua negara. Kunjungan Menteri Luar Negeri Vanuatu, Alfred Carlot ke Indonesia ini adalah sebagai kapasitas Menlu Vanuatu mendampingi Perdana Menteri Vanuatu, Y.M. Sato Kilman beserta rombongan ke Indonesia pada Desember 2011. Dan merupakan kunjungan yang pertama kali ke Indonesia. Republik Vanuatu sendiri adalah merupakan suatu negara yang berada di kawasan Pasifik Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s