Dorongan Papua Barat untuk keanggotaan MSG mungkin ditangguhkan

peta-melanesia

Sementara pemimpin Melanesia Spearhead Group melakukan KTT tahunan mereka di Kaledonia Baru, tampaknya isu utama dalam agenda telah disingkirkan.

Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh para pemimpin Fiji, Vanuatu, Kepulauan Solomon, dan kelompok pro-kemerdekaan Kaledonia Baru, FLNKS, sementara Papua Nugini mengirimkan seorang menteri kabinet menggantikan Peter O’Neill.
Para menteri luar negeri negara-negara itu telah bertemu, di Lifou, dan seperti Johnny Blades mengatakan kepada Don Wiseman, sepertinya berita buruk bagi Papua Barat yang mendorong untuk bergabung dengan kelompok Melanesia itu.

Apa yang muncul dari itu adalah bahwa MSG akan mungkin menunda keputusan tentang tawaran resmi Koalisi Nasional Papua Barat untuk keanggotaan dalam MSG dan mereka, mencoba mencari tahu lebih lanjut tentang situasi Papua Barat dengan mengirimkan misi ke Jakarta dan ibukota provinsi Papua, Jayapura akhir tahun ini untuk,mendiskusikan Papua Barat dengan Indonesia.

Perdana menteri PNG Peter O’Neill sedang berada di Indonesia dalam kunjungan kenegaraan. Dia telah berdiskusi dengan Presiden Indonesia dan dia tidak akan datang ke KTT pemimpin MSG ini. Beberapa pemain kunci dalam MSG tampaknya tidak sepenuhnya nyaman dengan memberikan Papua Barat keanggotaan. Tapi, saya berpikir bahwa hasil pertemuan menteri luar negeri ini dengan pengumuman misi ini untuk Papua Barat merupakan indikasi ke arah mana keputusan akan diambil.

Saya pikir mereka akan benar-benar kecewa. Mereka terbang kemarin malam dan mereka memiliki harapan yang sangat tinggi untuk KTT MSG ini, bahwa mereka akhirnya akan dibawa ke kelompok Melanesia. Mereka akan benar-benar kecewa.

Mereka akan berbicara tentang perdagangan, mobilitas tenaga kerja. Itu pasti sedikit menjadi topik hangat saat ini. Terutama PNG dan Fiji telah membahas segala macam keterampilan, pergerakan, perjanjian-perjanjian. Dan saya pikir juga mereka akan melihat laporan tentang arah masa depan MSG, yang sedang disatukan oleh Eminent Persons Group, dan saya pikir itu merupakan cerminan dari kohesi yang sedang berkembang dari kelompok sub-regional ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s