Papua Menuju Pembangunan Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur terus menjadi perhatian kami. Yang dimaksud dengan infrastruktur adalah transportasi (jalan, jembatan, pelabuhan laut, Bandar udara), energi, air bersih dan telekomunikasi. Pembangunan infrastruktur ini tidak saja dalam skala makro, tetapi juga pada skala mikro, yaitu di tingkat kampung. Berbagai upaya terus dilakukan untuk menerobos isolasi di Papua melalui pembangunan transportasi jalan darat, udara dan laut. Ada dua pendekatan yang digunakan dalam merancang pembangunan infrastruktur transportasi. Pertama adalah community based infrastructure development, yaitu pembangunan infrastruktur transportasi untuk menjangkau masyarakat – termasuk di daerah‐daerah terpencil dan terisolasi. Itu sebabnya, walaupun biaya yang harus dikeluarkan sangat mahal, pembangunan infrastruktur transportasi (jalan, jembatan, bandar udara, pelabuhan sungai) terus kami lakukan di pegunungan tengah yang medannya sangat sulit. Pegunungan tengah adalah kawasan di mana sebagian besar penduduk Papua bermukim.

Pendekatan kedua adalah commodity based infrastructure development.
Pendekatan pembangunan infrastruktur ini dilakukan untuk memungkinkan sumberdaya alam Papua dapat digali dan dimanfaatkan untuk pembangunan. Hanya dengan melakukan pembangunan infrastruktur transportasi kita dapat mengundang para investor untuk mengelola sumberdaya pertambangan di kawasan pegunungan tengah dan daerah‐daerah lainnya di Papua, atau rakyat dapat memasarkan hasil bumi mereka, bahkan mengekspornya ke luar Papua. Karena terbatasnya dana, relatif terhadap kebutuhan pembangunan infrastruktur transportasi di Papua, maka kami mengkombinasikan pembangunan berbagai moda transportasi ini sehingga dana yang ada bisa digunakan secara efisien. Dengan memiliki logistic centre di beberapa tempat, yaitu dengan mengkombinasikan transportasi laut, sungai, darat dan udara, maka harga‐harga kebutuhan pokok dapat 8 kami tekan jauh lebih rendah dibandingkan keadaan sebelumnya. Semakin banyak lapangan terbang di daerah pegunungan tengah yang sudah bisa didarati dengan pesawat yang berbadan lebih besar. Akibatnya, produk‐produk pertanian organic seperti kopi yang diminati masyarakat internasional sudah dapat kami ekspor.

Integrated Transportation Network System for Papua:
Laut, Sungai, Darat dan Udara

Sebagai bagian dari pembangunan infrastruktur, kami juga memiliki dan menerapkan strategi pembangunan energi yang tidak menghasilkan emisi karbon yang merusak iklim global, yaitu dengan berfokus pada pemanfaatan energi surya, angin dan
air. Selama 4 (empat) tahun ini sudah banyak kampung dan rumah tangga di Provinsi Papua yang menikmati listrik yang berasal dari tenaga surya/matahari. Demikian juga fasilias micro‐hydro dan mini‐hydro yang terus kami bangun di kampung‐kampung. Kami juga akan menguji coba pembangunan listrik tenaga angin dengan menggunakan teknologi yang berasal dari Polandia.
Selain fasilitas tenaga listrik micro‐hydro dan mini‐hydro, kami juga memberikan perhatian yang serius bagi pembangunan listrik tenaga air dalam skala besar untuk menjawab kebutuhan industri dan rakyat. Kami telah menyelesaikan pra‐studi kelayakan pembangunan PLTA Urumuka yang terletak di kawasan Selatan Provinsi Papua. Sumber air tersebut berasal dari danau‐danau Wissel di Pegunungan Tengah. Sekarang kami sudah memasuki tahap penggalangan dana melalui konsorsium perbankan. Dengan selesainya PLTA Urumuka dalam 4 (empat) sampai 5 (lima tahun) mendatang maka Provinsi Papua bisa memperoleh tambahan dana antara 2 (dua) sampai 3 (tiga) triliun rupiah setiap tahun dengan menjual listrik non‐emisi ke perusahaan‐perusahaan besar seperti Freeport, industri semen, industri aluminium, pabrik minyak makan, dan banyak industri lain yang akan dibangun di Papua. Di sisi lain, rakyat akan menikmati pasokan energi listrik yang melimpah dengan harga yang disubsidi melalui program cross‐subsidy. Mulai tahun ini mulai pemasangan fasilitas belajar jarak jauh (distant learning) di kampung‐kampung di Papua. Melalui fasilitas ini, sekolah‐sekolah yang terpencil sekalipun akan dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan yang sama dengan sekolah‐sekolah yang berada di kota‐kota. Orang‐orang dewasa di kampung‐kampung akan memperoleh berbagai informasi dalam berbagai bidang pembangunan: kesehatan, ekonomi, infrastruktur, dan sebagainya. Target kami adalah bahwa pada satu ketika, masyarakat Papua akan berubah menjadi suatu learning society – suatu masyarakat yang terus menerus membangun dirinya atas dasar ilmu dan teknologi terkini untuk mewujudkan kesejahteraan bagi dirinya dan keluarganya.

Secara umum seluruh jajaran pemerintahan Provinsi Papua dan rakyat Papua dalam rangka menciptakan Papua yang lebih aman, lebih damai, lebih adil, dan lebih sejahtera bagi semua. Sudah barang tentu masih jauh lebih banyak lagi yang harus kami kerjakan. Pembangunan adalah upaya tanpa henti. Yang diperlukan adalah konsistensi, continuous improvement, dan perubahan yang terukur. Keempat agenda pembangunan yang dikemukakan di muka harus terus dilakukan dengan konsisten. Hasil kerja keras itu sudah dapat kita lihat hasilnya. Integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Papua menjadi lebih mantap dari hari ke hari sebagai akibat dari kesejahteraan rakyat yang lebih baik. Yang tidak kalah pentingnya adalah sekarang tersedia ruang yang diberikan oleh negara kepada rakyat di Provinsi Papua untuk dapat melaksanakan hak dan kewajibannya, sesuai dengan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi Provinsi Papua. Oleh karena itu, upaya‐upaya pembangunan yang berpihak dan membawa kesejahteraan yang sebesar‐besarnya kepada rakyat Papua, secara berkeadilan, dan demokratis harus terus dikerjakan tanpa henti. Momentum pembangunan Papua harus terus dipelihara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s