Ada Yang Salah dari Kampanye Papua Merdeka

Mantan Menteri Luar Negeri Organisasi Papua Merdeka, Nick Messet mengatakan, usaha untuk mencapai kebebasan Papua – seperti didengungkan kelompok garis keras – sulit mendapat restu badan dunia.

Untuk menggapai Papua Merdeka butuh keajaiban, saya tidak yakin, meskipun dulu, selama empat puluh tahun, saya orang yang paling vokal bicara merdeka Ia mengatakan, semasa menjadi Menlu OPM, berbagai usaha dilakukannya bersama Nicholas Youwe, pendiri OPM. Salah satunya, dengan membangun kantor OPM di Senegal dan Swedia. “Kita berbuat, tapi kemudian saya tahu, semua itu sia-sia, kita juga sering menyampaikan ke Papua bahwa sudah mau merdeka, tapi ternyata bohong, akhirnya masyarakat di Papua terpancing,”. Lalu tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan anak kemarin sore, Benny Wenda, ilmunya tidak ada apa-apanya dengan saya, dan nasibnya akan sama, karena kantor OPM di luar negeri tidak akan berpengaruh kepada keputusan final integrasi Papua ke NKRI.

Kantor OPM dibangun di Senegal Afrika pada tahun 1975. Sementara di Swedia, 1992.
Menurut Messet, banyak tersiar kabar bohong mengenai perjuangan Papua di luar negeri. Hal tersebut propaganda saja, masyarakat tidak mengerti dan ikut-ikutan, akhirnya polisi menangkap dan menjatuhi hukuman.

Messet menjelaskan, sejatinya, yang saat ini perlu dilakukan adalah menerima otonomi khusus dan ikut serta dalam pembangunan Papua. “Kalau Papua mau merdeka, itu sudah dari dulu, pertanyaannya, mengapa tidak pernah terbukti, karena ini semua berbicara kekuasaan yang lebih besar, ada PBB yang memutuskan,”.

Messet pernah mengikuti sebuah pertemuan di Oxford pada Agustus 2011. Ketika itu, ia menyadari bahwa gerakan Papua Merdeka tidak akan mulus. “40 tahun saya berjuang di Eropa, kami juga membuka kantor perwakilan OPM di banyak Negara, tapi dunia tetap mengakui Papua adalah bagian dari Indonesia.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s