Papua Tak Maju karena Orang Papua Banyak yang Korupsi

Tanah Papua yang sangat indah dan menabjubkan yang dipenuhi dengan keindahan alamnya serta sumber daya alamnya, namun Papua tidak akan pernah maju, mandiri dan sejahtera rakyatnya, karena banyaknya korupsi yang merajalela di tanah papua.

Provinsi Papua, merupakan satu dari lima provinsi di Indonesia yang mengelola anggaran terbesar. Anggaran negara yang dikucurkan ke Provinsi Papua sangat besar, karena setiap tahun mencapai sekitar Rp 30 triliun – Rp40 triliun.
Dengan jumlah penduduk yang terbilang masih sedikit yakni sekitar 2,5 juta jiwa , maka seharusnya anggaran sebesar itu bisa dimanfaatkan secara baik, untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat Papua. Di beberapa kabupaten masih di dapati kondisi kehidupan masyarakat Papua yang masih memprihatinkan alias jauh dari taraf sejahtera.

Jika diperhatikan dan kita renungkan, dana yang besar tapi tetap saja masyrakatnya miskin, apalagi kalau bukan kegiatan korupsi di Papua yang menggelapkan banyak dana dilakukan oleh pejabat-pejabat di Papua.
jika Pemerintah Pusat serius membangun Papua ke arah yang lebih baik, maka penegakan hukum terhadap kasus-kasus korupsi di Papua harus dilakukan, tanpa pandang bulu. Dengan menyeret para koruptor ke terali besi maka dana-dana pembangunan yang mengalir ke Papua dalam jumlah belasan bahkan puluhan triliun rupiah setiap tahunnya bisa diselamatkan.

Untuk membrantas korupsi, pemerintah harus bekerja sama dengan pihak terkait di papua seperti Polri, KPK, TNI, Kejaksaan dan sebagainya serta bekerja sama dengan tokoh-tokoh di tanah Papua serta stackholder terkait untuk ikut serta dalam pemberantaasan korupsi.

Jika pemberantasan korupsi di Papua tercapai dan terlaksana sudah dipastikan dana yang disediakan oleh pemerintah pusat untuk masyarakat Papua akan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga diharapkan kesejahteraan tercapai

Selain korupsi yang merebak, faktor lainnya adalah sesama orang Papua tidak saling mendengar, mereka pada umumnya saling mempertahankan prinsip. Disamping itu pula, salah satu faktor lainnya yakni, Papua memiliki ratusan suku dan beragam bahasa daerah, sehingga terkadang hal itu menjadi hambatan dalam berkomunikasi.
Untuk itu, marilah mulai dari sekarang, buang jauh-jauh sikap egois antara sesama masyarakat Papua, saling mendukung antar satu dengan yang lainnya, jauhi KORUPSI dan yang paling utama adalah TANAMAKAN NKRI DI HATI. Karena kita semua satu kesatuan yang tidak bisa diputus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s