Waspadai Gerakan Sparatis Mengusik Papua

OPM-01

Akhir-akhir ini kelompok sipil bersenjata yang ditengarai gerakan sparatis Papua melakukan aksi penembakan baik ke warga sipil maupun aparat TNI dan Polri. Di bulan Juli 2011 ini saja sudah beberapa kali terjadi, terakhir pada 21 Pebruari 2013 yang menewaskan 8 prajurit TNI dan 4 warga sipil.

Aksi kelompok sparatis Papua ini disinyalir untuk propaganda internasional bahwa gerakan sparatis Papua masih ada. Tujuan dari propaganda kelompok sparatis Papua ini untuk memperoleh pengakuan internasonal, guna menekan pemerintah Indonesia, yang mereka anggap sebagai negara penjajah Papua.

Kasus-kasus penembakan warga sipil maupun TNI yang dilakukan kelompok sparatis Papua harus mendapat perhatian serius, karena aksi mereka sudah merongrong wibawa pemerintah, dan mengakibatkan korban jiwa yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran HAM berat.

OPM-02

Persoalan pemberontakan dan separatisme yang terjadi di Papua harus diselesaikan secara tuntas hingga ke akarnya. Penyelesaian harus dilakukan secara integral, dan tidak selalu mengedepankan aksi represif.
Saya menghimbau kepada aparat keamanan untuk segera menumpas habis kelompok sparatis Papua, jangan sampai masalah sparatisme ini menjadi duri dalam daging. Masalah sparatis harus diselesaikan dengan baik, jangan ada dendam lama maupun baru. Bravo keutuhan NKRI, dari Sabang samapai Merauke.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s