Papua Bagian Integral NKRI

Papua Bagian Integral NKRI

“ Keberadaan wilayah Papua dalam NKRI sudah final dan telah mendapat pengakuan dunia. Oleh karena itu, semua pihak tidak boleh mengusik keberadaan Papua dalam wilayah sah NKRI. Bahkan hingga saat ini pemerintah AMerika Serikat masih mendukung penuh wilayah Papua merupakan bagian integral NKRI “

Pada 23 Mei 2012, di Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menerima Duta Besar Amerika Serikat Scot Marciel dalam kunjungan kehormatan ke DPR RI. Kunjungan ini sebagai penegasan apresiasi Pemerintah dan Kongres AS pasca kunjungan diplomatik Kaukus Indonesia- AS DPR RI ke Washington D.C. beberapa waktu lalu.

Kaukus Indonesia-AS DPR RI yang didirikan pada 28 Maret 2012 dan beranggotakan 40 orang anggota telah melakukan kunjungan ke Washington DC pada 23-29 April 2012 atas undangan Kongres AS. Dalam kunjungan tersebut, delegasi Kaukus DPR RI-AS dipimpin oleh Priyo Budi Santoso sebagai Ketua Kaukus sekaligus Ketua Delegasi dengan anggota Teguh Juwarno (FPAN), Bobby Rizaldi (FPG), Didi Irawadi Syamsudin (FPD), EvaKusuma Sundari (FPDIP), Ahmad Yani (FPPP), Edhy Prabowo (Gerindra),Akbar Faizal (Hanura) dan Peggy Patrisia Pattipi (FKB).

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengatakan, bahwa salah satu raihan yang menggembirakan dalam kunjungan Kaukus ke Washington DC adalah komitmen tegas anggota Kongres AS dan Pemerintah AS atas kesatuan wilayah Indonesia dan penegasan pengakuan bahwa Papua adalah bagian integral dari wilayah RI.

Saat bertemu dengan Congressman Eni Faleomavaega yang dikenal sangat vokal tentang Indonesia khususnya masalah Papua, Akbar Faisal dan Peggy Pattipi menyampaikan berbagai aspek kemajuan dalam penanganan masalah Papua dengan diberlakukannya UU Otonom Khusus Papua.

Namun, ditekankan pula tentang dinamika unik di dalam masyarakat Papua itu sendiri, termasuk juga keberadaan Freeport yang sering dirundung berbagai masalah. Delegasi Kaukus juga menegaskan perlunya Pemerintah RI dan Freeport membahas kembali dan mengkaji ulang kontrak karya atas dasar keadilan dan kebersamaan, bukan semangat penghisapan sebagaimana sering teropinikan.

Congressman Eni Faleomavaega mempunyai pandangan yang sama tentang Papua. Bahkan ia menegaskan komitmennya untuk tidak lagi mendukung kemerdekaan Papua dan menghormati kedaulatan wilayah kesatuan Indonesia.

peta-papua

Pernyataan kongres dan pemerintah AS tersebut harus menjadi pegangan bahwa Papua merupakan bagian sah NKRI dan siapapun tidak bisa mengganggu gugat. Dukungan kongres dan pemerintah Amerika terhadap keutuhan NKRI tersebut harus diapresiasi.
Johan Wanggai

Jl.Raya Margonda, Kota Depok, Jawa Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s