Dualisme di Tanah Papua, antara WPNA dan ONPB

West Papua National Authority (WPNA) yang selanjutnya terbentuk Otorita Nasional Papua Barat (ONPB) melalui pendeklarasian di Uncen beberapa waktu lalu dan kemudian menyatakan sebagai pemerintahan transisi Papua Barat perlu dipertanyakan. Hal ini menyangkut pengatasnamaan secara menyeluruh rakyat Papua yang pada kenyataaanya bahwa ONPB sendiri hanyalah bersifat kedaerahan belaka. Karena hanya bersifat tidak menyeluruh, maka pendeklarasiannya pun tidak mendapat dukungan dari banyak orang.

Jadi, hal semacam ini sudah tentu dimanfaatkan oleh sekelompok tertentu yang mengatasnamakan rakyat demi keuntungan kelompok tersebut. Adanya ‘perpecahan’ dalam WPNA tentunya adanya upaya mengambilalih perjuangan terhadap organisasi di atasnya. ‘Perpecahan’ dalam WPNA dengan adanya deklarasi ONPB membuktikan bahwa perjuangan yang mereka lakukan sekali lagi bukan atas nama rakyat Papua melainkan kelompok mereka sendiri.

Kegiatan-kegiatan WPNA yang tidak profesional dan sejalan dengan tujuan perjuangan tentunya akan menjadi batu sandungan dalam organisasi perjuangan. Sikap politik para petinggi WPNA sangatlah angkuh yang mencerminkan ketidakdewasaan berpolitik khususnya kepada kepada para ‘senior’ dari WPNCL dengan menyalahkan apa-apa yang telah dilakukannya. Oleh karena itu, segera bubarkan WPNA yang hanya menjadi duri dalam perjuangan. Selama ini, kegiatan-kegiatan WPNA tidak menunjukkan perkembangan berarti karena tidak mampu mendapatkan dukungan dari rakyat dan pemerintah di daerah yuridiksi WPNA maka untuk apalagi dipertahankan kalau hanya melambatkan perjuangan. Setiap perjuangan tidak akan berarti apa-apa apabila terdapat perpecahan dan pertentangan di dalamnya. Janganlah mengangkat ego tinggi dengan mengatakan WPNA lebih berhasil dalam perjuangan, sebuah perjuangan butuh hasil nyata bukan omong kosong belaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s